Sabtu, 30 Juni 2012

Gaul itu Seni dan Keren itu Berbudaya.!!


“Ah loe nggak gaul banget sich bro! Gw nich keren!” Gaul dan Keren! Yup, dua kata yang tidak asing lagi di telinga kita, terlebih para kawula muda. Gaul dan keren kerap kali dipersepsikan sebagai sesuatu yang serba wah, glamor, mahal, kebarat-baratan, dan seterusnya. Sementara yang nampak cupu/culun, simpel/sederhana, tampil bersahaja apa adanya, berbau tradisional/kuno, dan sejenisnya kerap kali dianggap nggak gaul dan norak. Hmmm, yang benar saja?



Wah-wah kalau semua generasi muda beranggapan seperti itu, bagaimana nasip kelestarian seni budaya bangsa kita kelak ya? Jangan-jangan makan nasi dianggap norak, karena sekarang sudah ada pizza, steak, dan sebagainya(walaupun saya jarang2 makan begitu :D). Membaca diperpus dianggap cupu/culun, karena kini sudah ada e-library dan internet. Atau bahkan mungkin bermain petak-umpet dan permainan tradisional lainnya dianggap sesuatu yang aneh, karena sudah terbiasa bermain dengan game online maupun android? Hehehe…. Hanya waktu yang akan membuktikannya.

Menurut Saya, pada zaman yang serba modern ini, gaul dan keren sebaiknya harus tetap berseni dan berbudaya. Gaul itu bukan berarti berani merokok, pake narkoba, ataupun minum alkohol. Bukankah itu justru bisa mengganggu kesehatan loe sendiri guys! Keren juga bukan berarti mesti pake pakaian bermerk, punya banyak gadget mahal, sering nongkrong di mall (kalo tempat saya yang ada ramayana) kayak teman saya--> Febrina (@frmby) yang super gawuls.!! Hahaha :peace. Menurut saya, gaul-lah yang berseni dan keren dengan tetap berbudaya. Nah loh, bingung nggak tuh? Hehehe… *manyun*

Gaul berseni dan keren berbudaya tuh maksudnya gaul namun bukan asal gaul alias gaul kebablasan yang ngawur atau aneh. Gaul itu kalau loe berani beda (kreatif), hidup loe bermanfaat bagi orang lain, punya karya yang membanggakan dan pastinya turut menginspirasi dan memberdayakan sesama. Keren tapi tetap berbudaya! Maksudnya sesuatu yang keren itu akan nampak jauh semakin keren kalau kita landasi dengan tetap menghargai dan melestarikan budaya bangsa. Misalkan saja, tidak malu pake batik, melestarikan seni tradisi, dan kearifan lokal lainnya.

Nah, ayo guys, berani gaul berseni dan keren berbudaya? Wujudkan sama-sama yuk! Ajak teman-teman kalian juga ya! Gaul & keren, tapi memiliki nilai estetika dan tetapmenjunjung kearifan budaya pasti akan lebih bernilai, bukan?
Keep GAUL, Keep KEREN! >> Berseni & Berbudaya :)

1 komentar:

  1. postingan yang bagus tentang Gaul itu Seni dan Keren itu Berbudaya.!!

    BalasHapus