Sabtu, 11 Agustus 2012

Ayo, Jangan Takut untuk ‘Move On’


Ciyeeee….  galau nih ye..”. Begitu kata-kata yang sering banget baik saya atau temen-temen saya katakan, kalau saya atau temen-temen saya bikin status yang mellow goeslow sedikit di twitter. Semua orang pasti pernah galau kan? Hayo.. Dan pasti mayoritas galaunya enggak jauh-jauh dari percintaan kan? Iya kan? Misalnya, suka sama seseorang, tapi ternyata orangnya enggak suka sama kamu. Atau, suka sama orang, tapi orangnya udah punya pacar.. yah, bertepuk sebelah tangan deh.

Ada lagi, yang nunggu-nunggu di tembak, tapi si cowoknya enggak nembak-nembak. Nah, yang galau maksimal.. biasanya kalau lagi abis putus. Susah move on! Ada juga sih, yang sebenernya udah ngejalanin hubungan yang udah engga sehat, tapi dipaksa dijalanin karena takut ngelepas kenangan-kenangan yang udah diciptain bareng-bareng. Eaa, galau kan. *Nangis dibawah shower dulu ah*.

Ngomong-ngomong soal move on, memang enggak segampang yang biasanya orang-orang katakan buat ngehibur orang yang lagi baru aja putus. Biasanya, kita palingan bilang, “sabar ya.. tenang aja, masih banyak ikan di laut“. Tapi nyatanya, emang enggak segampang itu untuk move on. Konsep ‘masih banyak ikan di laut’ juga seringkali enggak berlaku. Banyak yang abis putus, terus lama banget dapet pacar baru. Padahal udah nyoba mancing sana, mancing sini.. tapi tetep aja enggak dapet ikan. Oke, random. Skip.
Pernah denger lagunya Usher-Separated enggak? Itu lho, yang liriknya galau maksimal, yang mengibaratkan cinta dengan hal-hal yang ada di sekitar kita. Ini ada sepenggal lirik-liriknya.
If love was a bird
Then we wouldn’t have wings 

If love was a sky
We’d be blue
If love was a choir
You and I could never sing

Cause love isn’t for me and you
Tuh, kalau cinta di ibaratin burung yang enggak punya sayap, atau sayapnya patah sebelah misalnya, gimana mau terbang? Cinta, kalau yang usaha cuma satu orang doang untuk buat mertahanin hubungannya, ya engga bakal bisa jalan. Cinta itu dibutuhin mutual understanding, yang maksudnya dua-duanya juga harus sama-sama komit untuk ngejalanin sebuah hubungan. Enggak bisa yang cowoknya aja, atau ceweknya aja. 

Seperti yang Usher bilang juga, kalau cinta diibaratkan sebuah paduan suara, udah pasti suaranya enggak bakal merdu dan padu. Namanya paduan suara, dibutuhkan effort bersama untuk membentuk satuan suara yang padu dan merdu. Kalau ada yng suaranya sengau, jelas bakalan jelek. Nah, cinta yang udah enggak adamutual understanding, itu kayak sekelompok paduan suara, yang orang-orangnya suaranya fals semua.
If love was an Oscar
You and I could never win
Cause we can never act out our parts
If love is the Bible
Then we are lost in sin
Because its not in our hearts
Tuh, kalau ngejalanin cinta yang udah enggak diiringi dengan ketulusan hati diibaratin sama kitab suci, itu tuh kalau kata bang Usher, kita udah tenggelam dalam lautan dosa, karena kita udah atau bakalan nyakitin orang lain. Kayak kitab suci, kalau kita ngebaca kitab suci dengan ogah-ogahan karena terpaksa aja, bakalan dosa kan? Bakalan melukai Tuhan yang udah tulus banget sayang sama kita.
So why don’t you go your way
And I’ll go mine
Live your life, and I’ll live mine
Baby you’ll do well, and I’ll be fine
Cause we’re better off, separated
Tuh, kalau udah ngejalanin hubungan yang udah enggak sehat gitu, terus ngapain mesti dipertahanin terus? Demi kenangan yang udah diciptain bareng-bareng? Terus jadi takut buat ngelepas? Enggak peduli sama diri sendiri yang jadi sering nangis-nangis? Enggak capek terus mertahanin hubungan sendirian sedangkan si dia nya enggak? Lebih baik disudahkan aja. Seperti kata bang Usher, you’ll do well and I’ll be fine. So, just let it go, we are better off.. separated.
Girl I know we had some good times
It’s sad but now we gotta say goodbye 
Girl you know I love you, I can’t deny
I can’t say we didn’t try to make it work for you and I
I know it hurts so much but it’s best for us
Somewhere along this windy road we lost the trust 

So I’ll walk away so you don’t have to see me cry
It’s killing me so, why don’t you go
Sepenggal lirik yang terakhir itu, cukup jelas artinya. Siapa sih yang suka dengan kata perpisahan? Pasti sebenernya enggak ada yang ingin pisah. Tapi, mau enggak mau tetep harus pisah. Banyak yang takut dengan perpisahan, mangkanya lama bangetmove on nya. Jadi, banyak yang udah putus, tapi besok-besoknya masih smsan atau bbm-an lagi sama mantannya. Padahal sebenernya udah enggak sayang, cuman belum terbiasa aja kalau enggak ada yang nge-sms lagi. 

Kadang emang gara-gara putus cinta, kita suka mengalami rasa takut yang enggak jelas kenapa sebenernya harus takut. Can’t live without him/her ? Ah, klise. Tapi emang gitu. Suka ngerasa takut, sehingga bikin kita lama banget buat ngasih keputusan udahan aja atau mertahanin walaupun sering nangis-nangis tiap malem. Ah, emang cinta itu bisa bikin lemah siapapun. Tapi seperti kata bang Usher, “I know it hurts so much but it’s best for us”. Jadi, kalau enggak pernah di coba buat move on, ya enggak akan bakal bisa. Kuncinya harus ikhlas aja. Toh, Tuhan yang tau yang terbaik untuk kita. Kita mah enggak tau apa-apa. Inget, God is the director. Ada yang usaha banget buat ngelupain mantannya.

Sampe tiap hari bilang, “gue enggak bisa ngelupain dia nih. Gimana dong?”. Hey, biarkan semuanya ditelan oleh waktu. Let the wind blows the memories, and we just keep moving forward. :)

Wih, gila ya lagu nya bang Usher. Mengibaratkan cinta dengan sesuatu yang ada di sekitar kita, dan itu bener banget. Saya juga kalau galau, sering mendengarkan lagu ini, untuk membantu saya untuk move on.. dan berhasil. Hihi. Selamat mencoba move on!

3 komentar: