Sabtu, 19 Mei 2012

Dunia Teknologi Juga Mempengaruhi Gaya Hidup Anak Sekolah

Zaman memang terus berkembang pesat. Berbagai kemajuan dan kemutakhiran teknologi turut mengikuti setiap laju perkembangan zaman. Dan semua itu berdampak pada perubahan gaya hidup manusia, termasuk dalam bidang pendidikan. Tak heran jika gaya hidup anak sekolah sekarang juga berubah dari tahun ke tahun, menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan teknologi tadi. Hal itu terjadi bukan hanya pada anak sekolah di kota besar saja, tetapi menyentuh sampai ke pelosok Kota dan desa seperti Kota Dumai.


Alayer Sekolah 


Alay yang pengen Eksis

Alay.!! Hahaha

Alay ganteng Se-sekolah Ane.!! Haha


Tak terkecuali dengan teman-teman sekolah saya Meskipun kami tinggal di kota dumai, namun gaya anak sekolah di sekolahku juga tak kalah dengan anak sekolah di kota-kota besar di Indonesia. Berikut beberapa gaya hidup anak sekolahan sekarang (khususnya di sekitar tempat tinggal saya) :
1. Narsis
Narsis atau yang merupakan tindakan meng-agungkan diri sendiri menjadi hal yang biasa. Terlebih jika di depan camera.  Hal ini tak lepas dari berbagai kemajuan teknologi yang turut andil memanjakan kita sebagai remaja. Berbagai perangkat gadget yang dilengkapi dengan camera, dan menjamurnya berbagai situs jejaring sosial membuat mereka terbiasa bergaya di depan mereka, dan lantas mempublikasikannya di berbagai jejaring sosial contoh Nurul ( ) dan Siti H (   ).

2. Alay
Alay atau melebih-lebihkan sesuatu juga menjadi bagian dari gaya anak sekolah di sekitar tempat tinggal maupun di sekolah. Alay dalam hal menulis nama atau update status di berbagai jejaring sosial, maupun alay dalam menulis SMS atau di BBM (walaupun saya gak punya BB tapi sering lihat BBM orang) Hahaha. Terkadang bagi orang tua kita, sampai kesulitan untuk membacanya, contoh nya Febrina(  ) dan Nurul ( ).

3. Gaptek
Gatek atau gagap teknologi juga bisa disematkan untuk anak sekolah masa kini. Perangkat gadget terbaru selalu menemani aktivitas mereka sehari-hari itu adalah si Aldi (  ) dan Rijal(   ). Mulai dari berbagai piranti telekomunikasi semacam smartphone, dan laptop seakan menjadi benda yang wajib dimiliki.
Namun saya lihat mereka tetap mengutamakan prestasi. Baik dibidang akademik maupun non akademik.  Di bidang non akademik, mereka banyak mengasah kemampuan lewat kegiatan diluar jam sekolah. Tak jarang berbagai kegiatan ekstra kurikuler pun banyak mereka ikuti khususnya dibidang olah raga dan musik. Entahlah, dari zaman saya sekolah dulu sampai sekarang, siswa atau siswi yang memiliki prestasi dibidang musik atau olah raga selalu saja menjadi idola di sekolah.

Yah, ternyata kemajuan teknologi turut pula merubah gaya hidup anak sekolah. Namun sebatas itu merubah ke hal-hal yang positif sih bagus. Namun saya yakin dibalik segi positifnya kemajuan teknologi, pasti ada juga dampak negatifnya. Peran orang tua dan pihak sekolah yang lebih diharapkan bisa meminimalisir dampak negatif kemajuan teknologi tersebut untuk kebaikan bersama.

Sekian deh, sampai tulisan berikut nya.!! :)

                                                                                                                           By: Ivan Albrado

Tidak ada komentar:

Posting Komentar