Minggu, 22 April 2012

Minat Menulis di Kalangan Remaja dan Anak Sekolah


Bukan hal yang mengejutkan lagi, kegiatan membaca di kalangan remaja sekarang ini rendah. entah mengapa tak sedikit remaja yang alergi pada buku, bahkan majalah. namun, ada suatu fenomena yang muncul beberapa tahun belakangan ini. tahun 2000an, mulai booming suatu aktivitas remaja yang berkaitan dengan tulis menulis. apa itu? yaitu, remaja jaman sekarang suka menulis cerita dengan genre fan fiction.

Nah, apa itu fan fiction? adalah suatu cerita yang berasal dari imajinasi seorang penggemar terhadap artis kesukaannya. *ya, seperti itulah* fan’s fiction, fan’s will.
dengan banyaknya media eletronik berupa blog dan forum, 
Remaja menyalurkan kecintaannya tersebut. mereka menuliskan fanfic buatan mereka di forum - forum dan blog - blog.

Para remaja tiba  - tiba memiliki kemampuan menulis. menulis apapun yang dia sukai tentang artis favoritnya. padahal, banyak dari mereka belum pernah menulis cerita sebelumnya.
Ya, sekarang menjamur penulis muda. utamanya menulis fanfic. namun, bagaimana kualitasnya? bagaimana kesusteraannya? apa pula fanfic itu sebenarnya? akan kah mengganggu dunia sastra dan pakemnya?

saya sendiri sih, masih amatiran. saya juga pernah menulis fanfic dengan kacaunya. bahkan bentuk fanfic saya malah cenderung ke bentuk skrip. Saya mulai belajar menjadi seorang penulis, walaupun hanya dalam bentuk artikel, saya mulai karena terinspirasi dari berbagai penulis Indonesia mulai dari si KambingJantan RadityaDika, Ariefmuhammad, Adhitya Mulya, Dan Masih banyak yang lain nya. Mereka menulis kisah-kisah mereka yang aneh dan lucu-lucu. Dari sana saya mulai mendapat Hobi menulis tentang Dunia, kehidupan serta gaya Remaja dan Anak sekolah dan untuk itu sayaMembuat Blog Trend Sekolahan untuk sarana memposting Tulisan saya.

Menulis adalah sebuah skill atau keterampilan yang bisa dikembangkan. Belajar menulis sama saja dengan belajar bahasa asing. Tidak dibutuhkan bakat dalam menulis, tapi melalui latihan yang rutin, keseriusan, kesabaran, ketekunan dan semangat pantang menyerah dan tidak cepat puas dan melalui membaca bisa mendapat wawasan yang lebih luas.

Kebanyaakan tulisan saya dari teman-teman di sekolah, namun ada juga saya dapat dari berbagai buku yang saya baca, kemudian menggembangkan nya kembali. Maklum, masih Newbie dalam hal menulis.. :) 

Namun remaja dan anak sekolah sekarang ini menurut saya kurang suka menulis maupun membaca buku pelajaran, (soalnya saya juga seperti itu) Hahaha.. Seperti teman saya yang kebanyakan waktu nya di habiskan untuk berselancar di Internet dan jejaring sosial seperti Febrina Rahmadani, Aldi Nola, Siti Hardina dan ada juga yang membaca Komik danj novel yaitu Ayu Sulistyo dan ketiga kampret dan Alayer di kelas saya.!! :). Jangan ditiru kelakuan nya, namun saya mengingatkan tema-teman agar jangan lupa belajar, karena belajar untuk masa deman.. (kayak belajar aja...) Hehe :malu

Sekarang mulai ada perlombaan untuk para remaja dan anak sekolah untuk menulis novel maupun buku, melalui event-event yang diadakan di setiap tempat ini mungkin teman-teman semua dapat menjadi penulis yang handal dan terkenal..

Saya sekarang masih SMA dan saya punya niat  dalam diri saya untuk bisa menjadi seorang penulis. Saya berharap agar sekarang Anak Sekolah maupun remaja yang membaca tulisan saya ini dapat membangkitkan semangat dalam menulis.!!


Sekian yang dapat saya tulis, tapi untuk selanjutnya akan saya tinggkatkan.
Harap maklum masih pemula (Newbie).. :D

Terima Kasih :)

Jangan Lupa tunggu karya Tulis saya yang Lain.!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar